Desa Binangun Kecamatan Lasem Kabupaten Rembng -- selengkapnya...  

MOMEN10 MUHARRAM, MASYARAKAT DESA BINANGUN MENGADAKAN SANTUNAN ANAK YATIM DAN DHUAFA

Heti Nur Cahyanti | 08 Agustus 2022 21:19:20 | Berita Desa | 28 Kali

Binangun-, Masyarakat Desa Binangun memanfaatkan momen bulan muharram untuk mengdakan santunan anak yatim dan Dhuafa yang ada di Desa Binangun.Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari senin tanggal 8 Agustus 2022 bertepatan dengan tanggal 10 Muharram 1444H pukul 15.00-selesai. Dalam kesempatan tersebut dihadiri sesepuh desa binangun sekaligus mengisi Mauidhoh Hasanah yaitu Romo KH KHAMZAH, beliau menyampaikan 5 Amalan 10 Muharram yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pahala 

" 1. Puasa Asyura

Asyura berasal dari kata asyara, artinya bilangan sepuluh. Secara istilahi Puasa Asyura adalah puasa yang dikerjakan pada tanggal 10 Muharram pada Kalender Islam Hijriyah. Hukum puasa Asyura adalah sunnah; maksudnya dianjurkan dan berpahala bagi yang mengerjakannya namun tidak berdosa bagi yang tidak mengerjakannya. Adapun keutamaan puasa tersebut sebagaimana diriwayatkan dalam hadits dari Abu Qatadah, bahwa shaum tersebut bisa menghapus dosa-dosa kita selama setahun yang telah lalu (HR Muslim 2/819).

2. Meluaskan Belanja pada Hari Asyura

Dari hadits Abi Said Al Khudhri Radhiyallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Siapa yang meluaskan belanja kepada keluarganya pada hari Asyura, maka Allah akan meluaskan atasnya belanja selama setahun.

3. Bersedekah pada Hari Asyura

Rasulullah bersabda, “Siapa yang puasa hari Asyura, dia seperti puasa setahun. Dan siapa yang bersedekah pada hari itu, dia seperti bersedekah selama setahun.

4. Menyantuni anak yatim dan menjamu tamu

Diriwayatkan juga bahwa Rasul SAW menyayangi anak2 yatim, dan lebih menyayangi mereka pd hari 10 muharram (Asyura). dan menjamu serta bersedekah pd 10 muharram bukan hanya pada anak yatim tapi keluarga, anak, istri, suami dan orang orang terdekat, karena itu sunnah Beliau SAW dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh. (Faidhul qadir juz 6 hal 235-236).

5. Doa Asyura atau 10 Muharram "




Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung